Jumat, 15 Februari 2013

HUT PRAMUKA KE 48 DI SEMPARUK


**HUT Gerak Pramuka Ke 48
Lahirnya gerakan pramuka pada tahun 1961 lalu, yang menghubungkan lebih dari 60 organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia pada waktu itu, sungguh merupakan suatu peristiwa sejarah yang amat mendasar dan monumental. Karena dengan lahirnya gerak pramuka, cita – cita untuk mewujudkan Persatuan dan Kesatuan antar warga dan masyarakat dapat diwujudkan. Hal tersebut di paparkan Bupati Sambas yang juga selaku Ka. Mabicab Gerakan Pramuka Sambas, Ir. H. Burhanuddin AR saat memberi pengarahan pada Upacara HUT Gerak Pramuka Ke 48 yang dipusatkan di Kecamatan Semparu Kabupaten Sambas, Jumat (14/8).
Dalam rangka peringatan HUT Gerak Pramuka kali ini, ungkap Bupati Sambas, selayaknya dapat mengenang kembali serta sekaligus membulatkan tekat untuk lebih meningkatkan semangat persatuan dan kesetuan. “Ancaman yang terjadi saat ini tampak semakin besar. Oleh sebab itu, persatuan dan kesatuan perlu kita tingkatkan”, jelasnya.
Lebih lanjut, Bupati Sambas mengungkapkan, gerakan pramuka yang telah berhasil mempersatukan kaum muda Indonesia melangkah lebih lanjut, berperan aktif meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan seluruh rakyat, masyarakat, bangsa, Negara dan tanah air Indonesia. “Marilah kita bersama sama bekerja keras mewujudkan gerak pramuka ini sebagai pemersatu serta perekat bangsa”, jelasnya dalam Upacara Peringatan Hut Gerak Pramuka yang turut di hadiri Wakil Bupati Sambas, Kepala Dinas, Badan dan Bagian di lingkungan Pemda Sambas serta camat semparuk.
Lahirnya gerak pramuka berarti kehendak untuk menghimpun berbagai potensi warga dan masyarakat kepanduan Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Sambas kedalam satu wadah yang disepakati besama dan dimanfaatkan untuk kepentingan umum kaum muda Indonesia dengan menyelenggarakan berbagai program pendidikan kepanduan, untuk membentuk watak kepribadian dan pekerti generasi muda yang mampu menjawab tantangan bangsa dan Negara di masa depan dan dilaksanakan secara optimal, jelasnya.
Garakan Pramuka, tambah Bupati, ditintut untuk dapat membantu kaum muda dalam menyelesaikan permasalahan yang saat ini santer terjadi, beragam dan komplek seperti, terjerumus dalam kesesatan, minuman keras dan Norkoba, pergaulan bebas, kebut – kebutan dijalan raya serta banyak lagi masalah – masalah yang dialami anak muda saat ini. “Gerakan Pramuka merupakan wadah pendidikan luar sekolah dan keluarga yang banyak memiliki kegiatan positif bagi pembinaan kaum muda”, papar Bupati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar